Cara-Cara Pengumpulan Data Kependudukan

Cara-Cara Pengumpulan data kependudukan – Setelah sebelumnya Admin memposting Antroposper dan Pengertian antroposper kini kita membahas wacana pengumpulan data kependudukan. Data yang menyangkut penduduk dengan banyak sekali karakteristiknya merupakan salah satu data pokok yang amat diharapkan untuk perencanaan di segala bidang, contohnya : Kebutuhan akan sandan, pangan, papan, pendidikan, kesehatan  dan lain sebagainya.

 kini kita membahas wacana pengumpulan data kependudukan Cara-Cara Pengumpulan data kependudukan
Cara-Cara Pengumpulan data kependudukan


Data kependudukan sanggup diperoleh dengan banyak sekali cara, antara lain sebagai berikut:
1. Sensus penduduk
Sensus penduduk ialah keseluruhan proses pengumpulan, penyusuna, pengolahan dan penerbitan data yang bersifat demografis, ekonomis, dan sosial dari suatu wilayah atau negara tertentu dan dalam waktu tertentu.
berdasarkan kawasan tinggal penduduk, sensus dibedakan menjadi
a. Sensus de jure, yaitu pencacahan jiwa yang dilakukan di kawasan penduduk tesebut tinggal secara resmi
b. Sensus de facto, yaitu pencacahan jiwa di kawasan mereka ditemukan oleh petugas lapangan.

Berdasarkan metode pengisiannya, sensus dibedakan menjadi

a. Metode Canvasser, yaitu pelaksanaan sensus dimana petugas mendatangi kawasan tinggal penduduk dan mengisi daftar pertanyaan. Keunggulan metode ini, data yang diperoleh lebih terjamin kelengkapannya dan penduduk sulit untuk meniru data. Sedangkan kekurangannya ialah waktu yang diharapkan lebih usang alasannya ialah jumlah petugas yang terbatas dan wilayah yang luas.
b. Metode Householder, yaitu pelaksanaan sensus dimana pengisian daftar pertanyaan dilakukan oleh penduduk sendiri. Kelebihan cara ini ialah waktu yang diharapkan lebih cepat alasannya ialah petugas tidak harus mendata satu per satu penduduk. Daftar pertanyaan sanggup dikirmkan atau dititipkan pada aparata desa. Sedangkan kekurangannya ialah data yang diperoleh kurang terjamin kebenarannya alasannya ialah ada kemungkinan penduduk tidak mengisi data sesuai dengan kondisi sebenarnya.
Sensus penduduk dilakukan dalam jangka waktu 5 atau 10 tahun. Di indonesia, sensus penduduk dilakukan setiap 10 tahun.
Data sensus yang dikumpulkan meliputi karakteristik demografi, ketenagakerjaan, dan sosial budaya. Karakteristik demografi yang dikumpulkan ialah mengenai kelahiran, ajal dan migrasi, serta riwayat kelahiran dan ajal anak dari perempuan pernah kawin. Data yang dihimpun pada bidang ketenagakerjaan meliputi lapangan usaha, jenis pekerjaan, dan status pekerjaan.Sedangkan data sosial budaya meliputi tingkat pendidikan, kondisi kawasan tinggal, dan aktivitas penduduk usia lanjut (Lansia). Data-data dari sensus terssebut dipakai untuk perencanaan pembangunan di banyak sekali bidang. Hal tesebut sangat berperan penting untuk mengetahui tingkat keberhasilan pembangunan, baik di bidang kependudukan, sosial budaya, dan ketenagakerjaan.

2. Registrasi penduduk
Registrasi penduduk merupakan pencatatan yang terus menerus mengenai bencana vital yang dialami penduduk berupa kelahiran, kematian, dan perpindahan. Registrasi penduduk didasarkan pada keputusan presiden nomor 52 tahun 1977, ditujukan untuk membangun sistem pencatatan yang berlaku menyeluruh dan seragam di wilayah indonesia.
Cakupan data yang diperoleh pada pendaftaran penduduk sangat bergantung pada kesadaran masyarakat untuk bencana vital yang terjadi dalam keluarga. Di negara-negara maju, pengumpulan data melalui pendaftaran umumnya tidak menemui duduk perkara dan hambatan.Sebaliknya di negara-negara berkembang menyerupai indonesia, umumnya data yang dicakup masih kurang lengkap alasannya ialah banyak bencana yang dilaporkan dan data kurang rinci sehingga kurang memadai untuk banyak sekali analisis kependudukan.
Penerangan pada masyarakat sangat diharapkan mengenai pentingya melaporkan bencana vital yang terjadi di rumah tangganya, sehingga dengan adanya keterbukaan dan penyempurnaan pelayanan akan membantu memperlihatkan hasil pencatatan penduduk yang lebih baik. Data yang dihasilkan akan sanggup dipakai sebagai pembanding dan komplemen seri data kependudukan, baik dari hasil survei maupun sensus. Data tersebut juga sanggup dipakai untuk memilih kebijakan penduduk.

3. Survei penduduk
Survei penduduk atau survei sampel merupakan pengumpulan data dari sebagian populasi yang pemilihan sampel atau respondennya dilakukan dengan metode statistik tertentu sehingga tetap sanggup melaksanakan pendugaan atas populasinya. Survei sanggup dilakukan kapan saja tanpa dibatasi oleh waktu.
Dengan survei sanggup dilakukan penghematan atas biaya, tenaga, dan waktu, alasannya ialah pengumpulan data hanya dari sebagian populasi. pernyataan yang diajukan kepada responden sanggup memuat jenis atau item yan amat rinci dan khusus. Dalam pemilihan sampel, yang harus diperhatikan ialah sampel harus mewakili populasi, harus memiliki tingkat kebenaran (heliablility) yang sanggup diukur, harus sesuai dengan keadaan, dan harus efisien. Contohnya survei penduduk antar sensus (SUPAs), Survei Demografi dan kesehatan indonesia, survei angkatan kerja, dan lain sebagainya.

Demikianlah Artikel Cara-Cara Pengumpulan data kependudukan . Semoga bermanfaat.

Tag : Cara-Cara Pengumpulan data kependudukan , Cara-Cara Pengumpulan data kependudukan, Cara-Cara Pengumpulan data kependudukan , Cara-Cara Pengumpulan data kependudukan , Cara-Cara Pengumpulan data kependudukan , Cara-Cara Pengumpulan data kependudukan , Cara-Cara Pengumpulan data kependudukan , Cara-Cara Pengumpulan data kependudukan , Cara-Cara Pengumpulan data kependudukan , Cara-Cara Pengumpulan data kependudukan ¸ Cara-Cara Pengumpulan data kependudukan ¸ Cara-Cara Pengumpulan data kependudukan ¸ Cara-Cara Pengumpulan data kependudukan ¸ Cara-Cara Pengumpulan data kependudukan , Cara-Cara Pengumpulan data kependudukan , Cara-Cara Pengumpulan data kependudukan , Cara-Cara Pengumpulan data kependudukan , Cara-Cara Pengumpulan data kependudukan ¸ Cara-Cara Pengumpulan data kependudukan ¸ Cara-Cara Pengumpulan data kependudukan , Cara-Cara Pengumpulan data kependudukan , Cara-Cara Pengumpulan data kependudukan , Cara-Cara Pengumpulan data kependudukan 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara-Cara Pengumpulan Data Kependudukan"

Post a Comment