Cara Rasulullah Memakan Kurma


Tercatat dalam beberapa hadits mengenai bagaimana Rasulullah mengkonsumsi kurma, beberapanya yakni sebagai berikut :

1.  Mencampur dengan keju, dalam HR. Abu Dawud no.3837 dan Ibnu Majah no.3343
Imam ibnul Qayyim rahimahullah menjelaskan bahwa zubdah (keju) sanggup berfungsi melunakan tinja, melemaskan syaraf dan pembengkakan empedu dan kerongkongan. Jika dioleskan gusi bayi, akan mempercepat pertumbuhan gigi.
2. Mencampur dengan mentimun, HR. Muslim no.2043, HR. Bukhari no.5440.
Rasa panas yang ada pada kurma sanggup menyeimbangkan rasa hambar pada mentimun, sebab mentimun agak sulit dicerna di lambung , hambar dan kadang berbahaya. Sungguh pelajaran yang agung dari Rasul kita.
3. Memakan kurma dengan semangka, HR. Abu Dawud no. 3836.
- Menganjurkan berbuka puasa dengan kurma berair (ruthab), jikalau tidak ada dengan kurma kering, jikalau tidak ada dengan meminum air seteguk demi seteguk. HR Abu Dawud no.2356.
Hadits ini mengandung pesan tersirat agung secara kesehatan,yang dibutuhkan oleh orang yang berpuasa yakni zat gula yang gampang diserap oleh darah, lambung dan usus. Zat gula (glukosa dan fruktosa) memerlukan waktu 5-10 menit untuk diserap dalam usus insan saat dalam keadaan kosong. Sehingga waktu tersebut sanggup dipakai sementara untuk menjalankan sholat maghrib.
4. Melarang memakan kurma bagi orang yang gres sembuh dari sakit, HR. Abu Dawud no.3856.
5.  Boleh memakan kurma meskipun sakit mata, HR. Ibnu Majah no.3343.
6. Memerintahkan jangan membuang kurma yang di dalamnya terdapat ulat, namun membersihkannya, HR. Abu Dawud no.3832.
(Dikutip dari goresan pena Zaki R)

Memakan 7 buah kurma sanggup menangkal racun dan sihir.
Dalam Shahih Bukhari dan Muslim, diriwayatkan oleh Saad bin Abi Waqash, dari Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam  ia bersabda ‘Barangsiapa mengkonsumsi kurma Ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun atau sihir’.
Ajwah merupakan salah satu jenis kurma yang berasal dari Madinah, dikenal sebagai kurma Hijaz yang terbaik dari seluruh jenisnya. Bentuknya bagus, padat dan agak keras, namun termasuk kurma yang paling lezat, harum dan empuk. Biasanya jikalau anda kunjungi ke pasar kurma , dia mempunyai harga yang paling tinggi diantara yang lain. (Berbagai sumber)

untuk memesan kurma silahkan klik disini

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Rasulullah Memakan Kurma"

Post a Comment