Mengapa Ayam Jantan Berkokok Setiap Pagi Hari


Mengapa ayam jantan selalu berkokok dikala menjelang subuh, bahkan sebelum matahari muncul di ufuk Timur? Ternyata berdasarkan hasil penelitian, hal itu ada hubungannya dengan jam alarm alamiah yang dimiliki ayam jantan.
earthsky.org melansir ayam jantan berkokok alasannya ialah mempunyai jam internal yang membantunya mendahului terbitnya matahari. Seperti halnya burung, ayam jantan bernyanyi atau berkokok dalam siklus harian.

Hampir semua binatang mempunyai siklus harian dari aktivitas yang dikenal sebagai ritme sirkadian. Ini ialah ritme biologis pada hewan, yang mengikuti siklus siang dan malam.

Ayam jantan mendahului matahari terbit untuk mengawali berburu makanan sehari-hari dan juga untuk pertahanan wilayah. Namun, bila satu ayam jantan tetangga mempunyai jam internal yang telah diatur sedikit lebih awal, ini sanggup merangsang ayam jantan lain untuk berkokok lebih awal juga.

Nyanyian ayam jantan dikala matahari terbit bekerjsama ialah suatu cara untuk "membangun kekuasaan" wilayahnya. Ketika ayam berkokok, beliau mengirimkan sinyal ke ayam jantan lainnya bahwa bila melanggar, berarti mereka minta berkelahi.

Manusia juga punya "jam alami" lho. Ketika akan tidur, ucapkan dg yakin pada diri sendiri ingin berdiri jam berapa. Insya Allah anda akan berdiri (setidaknya ngelilir bila malas berdiri ) pada jam tersebut. Berhasil pada diriku. Entah pada anda. Hehehe

Semoga menambah wawasan

courtesy :
Miixedblog

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Ayam Jantan Berkokok Setiap Pagi Hari"

Post a Comment