Mengapa Kita Dapat Merinding ??

beberapa kondisi tertentu yang dialami menyerupai ketakutan atau kedinginan bisa menimbulkan reaksi badan merinding. Kenapa fenomena ini bisa terjadi?

Merinding yaitu fenomena fisiologis yang diwarisi oleh nenek moyang semenjak zaman dahulu dan dialami oleh semua mamalia.

Saat orang merasa merinding, tidak hanya rambut di kulit yang bangkit tapi juga disertai dengan munculnya gundukan-gundukan di daerah rambut tersebut tumbuh. Timbulnya gundukan tersebut jawaban adanya kontraksi dari otot yang kecil.

Seperti dikutip dari Scientificamerican, merinding terjadi alasannya yaitu alam bawah sadar seseorang melepaskan hormon stres yang disebut dengan adrenalin. Adrenalin yang dihasilkan oleh insan melalui dua kelenjar kecil di atas ginjal tidak hanya menimbulkan kontraksi otot, tapi juga mempengaruhi banyak reaksi badan lainnya.

Selain itu merinding juga bisa muncul sebagai jawaban dari kontraksi otot erector kecil yang ada di dalam kulit. Ketika rangsangan ini menghasilkan perubahan saraf, maka terjadi kontraksi pada otot sehingga rambut di atas kulit menjadi berdiri.

Tubuh yang merinding bisa terjadi sementara dan menghilang beberapa ketika kemudian. Dan setiap orang tidak bisa mencegah badan yang merinding, sama halnya dengan muka yang memerah dan juga badan berkeringat.

Terdapat beberapa kondisi badan yang bisa menimbulkan rambut di kulit berdiri, yaitu:

Rangsangan udara dingin

Berdasarkan sebuah artikel yang ditulis oleh Eric Sonstroem dari Indiana University dalam website 'A Moment of Science', merinding yaitu suatu reaksi primitif yang timbul dari sistem limbik otak. Ketika ada rangsangan udara dingin, maka rambut di ujung kulitnya akan bangkit untuk membantu menghangatkan tubuhnya.

Reaksi emosional
Beberapa reaksi emosional bisa menimbulkan badan merinding, menyerupai ketakutan, menonton film, melihat sebuah karya seni atau mendengar suatu konser musik. Emosi yang timbul bisa menimbulkan piloerection dari akar rambut menjadi bervariasi dan kompleks. Namun hingga ketika ini belum diketahui mengapa ada orang yang merinding terhadap suatu rangsangan tertentu, sementara yang lainnya tidak.
http://anehdidunia.blogspot.com

Fight atau flight
Merinding menjadi respons dari prosedur 'fight or light'. Ketika insan merasa waspada terhadap adanya suatu bahaya, maka akan mengeluarkan adrenalin dan darah yang dipompa ke dalam otot menjadi meningkat sehingga badan menjadi merinding.
courtesy : anehdidunia.blogspot

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengapa Kita Dapat Merinding ??"

Post a Comment