Jangan Tidur Dulu, Jika Belum Tahu 5 Fakta Menarik Wacana Menguap Ini

Ada banyak sekali hal yang sering kita lakukan dalam kehidupan kita sehari-hari. Baik itu di sengaja atau tidak di sengaja. Salah satu hal yang sering kita lakukan tanpa sadar yaitu menguap.


 5 Fakta Menarik Tentang Menguap.. Sumber Foto : TribunWow.com


Menguap yaitu salah satu bukti atau tanda kalau kita sedang capek atau mengantuk. Biasanya insan akan menguap dikala mengantuk atau kelelahan. Menguap yaitu sebuah kejadian motorik yang di picu oleh kurangnya anutan oksigen ke otak dan otak memerintahkan menguap untuk memenuhi kebutuhan oksigen yang di butuhkan.

Dilansir dari Fakta Unik, Berikut ini beberapa fakta unik wacana menguap yang di muat dalam harian online Merdeka.com

1. Menguap sanggup menular

Foto : tahupedia.com

Ini benar, dan mungkin Anda juga pernah mengalaminya. Salah satu penelitian mengatakan bahwa dikala ditunjukkan video orang yang tengah menguap, sekitar 50 persen orang akan ikut menguap. Hal ini bahkan terjadi pada hewan! Sebuah penelitian tahun 2004 menemukan bahwa binatang juga ikut menguap dikala melihat binatang lain atau bahkan insan menguap.

Namun sepertinya hal ini bukan hal yang aneh. Robert Provine, seorang psikolog dan jago saraf menjelaskan bahwa beberapa reaksi insan memang sanggup menular pada orang lain ibarat tawa dan kebiasaan menguap. Orang yang gampang 'tertular' dikala melihat orang lain menguap juga dianggap mempunyai rasa tenggang rasa dan kepedulian sosial yang tinggi.

2. Menguap lebih menular antar sahabat

Foto : sumber.com

Sebuah penelitian tahun 2012 mengatakan bahwa tak semua kebiasaan menguap sanggup menular. Menguap sanggup sangat menular antar sahabat atau seseorang dengan kekerabatan yang dekat. Peneliti mengatakan bahwa semakin erat kekerabatan Anda dengan seseorang maka semakin besar kemungkinan Anda akan tertular dikala mereka menguap. Hal ini masuk nalar mengingat adanya teori tenggang rasa pada poin pertama.

3. Menguap sanggup jadi tanda sebuah penyakit



Menguap mungkin bukan tanda penyakit yang sangat serius atau berbahaya. Namun kalau Anda terus-terusan menguap, ini sanggup membuktikan ada hal yang salah dengan kesehatan Anda. Bisa jadi bekerjasama dengan otak, jantung, saraf, atau problem tidur.


4. Janin juga sanggup menguap

Foto : Tempo.co


Meski belum diketahui penyebabnya, namun peneliti mengatakan bahwa janin dalam rahim juga sanggup menguap. Sebuah penelitian pada tahun 2012 mengatakan gambar janin yang tengah membuka mulutnya. Peneliti berasumsi bahwa hal ini bekerjasama dengan perkembangan otak pada janin. Selain itu, janin yang menguap sanggup menjadi tanda perkembangan yang normal.


5. Rata-rata orang menguap selama 6 detik

Foto : Hello Sehat


Mungkin belum ada penelitian yang sanggup menjelaskan teori ini, namun beberapa penelitian mengatakan bahwa rata-rata seseorang menguap selama enam detik. Selama enam detik itu, detak jantung meningkat. Sebuah penelitian tahun 2012 juga mengatakan bahwa psikologis dan badan insan berubah sebelum dan sesudah menguap. Tubuh dan mental berubah hanya dalam waktu enam detik. Selain itu, mereka juga menemukan bahwa pengaruh menguap pada badan ini tak sanggup digantikan dengan apapun, bahkan dengan cara menarik napas panjang.

Itulah beberapa fakta unik mengenai kebiasaan menguap yang biasa dilakukan oleh semua orang.

Nah kalau sudah tahu fakta wacana tidur menarik di atas, Kamu boleh tidur deh. Hehe. Baca juga : Makanan-Makanan yang sanggup menciptakan Tidur Nyenyak

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jangan Tidur Dulu, Jika Belum Tahu 5 Fakta Menarik Wacana Menguap Ini"

Post a Comment