Inilah Insan Pertama Ciptaan Insan Berjalan Dan Bicara


Untuk pertama kalinya, insan berhasil membuat insan dengan organ buatan serta dapat berjalan dan bicara. Manusia ciptaan itu selanjutnya disebut insan bionik.


Manusia bionik ciptaan para pakar robotik tersebut akan "hidup" dalam siara "The Incredible Bionic Man" yang akan tayang perdana di Smithsonian Channel pada Minggu (20/10/2013) pukul 20.00 atau kurang lebih Senin (21/10/2013) besok pukul 08.00 WIB.

Pakar robotik Rich Walker dan Matthew Godden dari Show Robot Co. di Inggris yaitu orang yang membuatkan insan bionik itu dari organ hasil bantuan dari laboratorium di dunia.

"Tugas kami yaitu menggunakan banyak koleksi organ badan menyerupai alat gerak, mata, kepala, dan sekitar enam ahad dalam kebingungan untuk merangkai bagian-bagian badan itu menjadi mansuia bionik," kata Walker.

Walker mengatakan, upaya itu tak mudah. "Anda dapat menaruh organ buatan pada insan yang kehilangan organ itu. Kita tak punya manusia, kita membuat insan untuk menempatkan organ buatan itu," imbuh Walker.

Manusia bionik itu dibentuk dengan dana hampir 1 juta dollar AS. Manusia bionik itu menggunakan tangan bionik i-LIMB yang dibentuk oleh Touch Bionic.

i-LIMB yaitu salah satu tangan bionik paling mutakhir di dunia. Tangan itu dapat membantu insan bionik menggenggam sesuatu. Tangan bionik itu juga digunakan oleh psikolog sosial dari Universitas Zurich di Swiss, Bertolt Meyer.

Untuk pergelangan kaki dan kaki, insan bionik itu menggunakan kaki buatan BiOM yang juga digunakan oleh perekayasa dari MIT, Hugh Herr.

Untuk mendukung pergelangan kaki, insan bionik ini juga didukung dengan tulang belakang buatan REX Bionics di New Zealand, disebut REX juga.

Selain organ-organ itu, insan bionik ini juga sudah dilengkapi dengan organ buatan menyerupai pankreas, limpa, ginjal, jantung, paru-paru, pembuluh darah, dan sistem sirkulasi yang fungsional.

Jantung yang digunakan pada insan bionik itu dibentuk oleh Arizona serta telah dicangkokkan pada 100 orang dalam jangka waktu 10 - 12 bulan sambil menunggu cangkok jantung.

Sementara, menyerupai diberitakan Livescience, Jumat (18/10/2013), sistem sirkulasi pada insan bionik itu dikembangkan oleh peneliti medis Alex Seifalian dari University College London dari polimer.

Otak insan bionik itu punya beberapa kapasitas yang dimiliki manusia, menyerupai respon penglihatan, pendengaran, dan suara. Manusia bionik itu juga punya implan koklea pada indera pendengaran dan bab produksi suara.

Manusia bionik itu punya jadwal bicara juga sehingga dapat mendukung percakapan. Namun, Walker menyampaikan bahwa masalahnya yaitu insan bonik itu punya huruf menyerupai anak berusia 13 tahun dari Ukraina yang iseng.

Sejauh ini, insan bionik paling advance ini berhasil menjiplak 2/3 badan manusia. Manusia bionik ini masih tak punya organ hati, perut, dan usus.

Pembuatan insan bionik ini memicu pertanyaan etis dan filosofis. Apakah pembuatan sesuatu yang menyerupai insan ini mengancam gagasan ihwal apa insan itu? Seberapa besar pengembangan badan yang dimungkinkan? Dan, apakah salah kalau hanya sebagian orang yang punya saluran terhadap teknologi ini?

LIHAT JUGA YANG WOW LAINNYA DISINI

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Insan Pertama Ciptaan Insan Berjalan Dan Bicara"

Post a Comment