Manfaat Dan Khasiat Buah Nangka Untuk Kesehatan

Nangka mempunyai nama latin Artocarpus heterophyllus dan termasuk dalam famili Moraceae. Dalam bahasa Inggris buah nangka dikenal dengan sebutan Jackfruit. Nangka masih bersaudara dengan cempedak dan sukun.

Buah nangka mempunyai sifat anggun dan tekstur yang agak kenyal. Sangat berbeda dengan durian walaupun buahnya hampir mirip, sama-sama mempunyai kulit luar berduri. Namun dri kulit nangka tidak setajam duri kulit buah durian.

Karena rasanya yang anggun buah nangka yang masak sudah biasa dikonsumsi dan diperjualbelikan di masyarakat. Harganya pun cukup murah. Selain dikonsumsi sebagai buah masak, buah nangka muda juga sering dijadikan makanan lain sebagai teman nasi. Makanan paling terkenal dari buah nangka muda yaitu gudeg yang merupakan masakan khas Jogja.

Siapa sangka, di balik rasanya yang manis, buah nangka ternyata mempunyai kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan. Nangka mengandung vitamin A, vitamin C, thiamin, riboflavin, niacin, kalsium, potasium, zat besi, dan magnesium.

Manfaat Buah Nangka untuk Kesehatan

Beberapa manfaat kesehatan nangka menyerupai dimuat di lifemojo, meliputi:

  • Menyehatkan perut dan usus

Nangka baik untuk pencernaan dan sanggup membantu penyembuhan borok dan gangguan pencernaan. Selain itu, serat yang tinggi pada buahnya mencegah sembelit dan membantu buang air besar lebih lancar dan teratur. Seratnya juga melindungi selaput lendir usus besar dengan menjauhkan materi kimia karsinogenik dari usus besar.

  • Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Nangka merupakan sumber yang sangat baik dari vitmain C, antioksidan berpengaruh yang membantu mencegah pilek dan infeksi. Vitamin C membantu berfungsinya sistem kekebalan badan dengan mendukung fungsi sel-sel darah putih.

  • Perlindungan terhadap kanker

Selain mengandung vitamin C (antioksidan kuat), nangka juga kaya fitonutrien menyerupai lignan, isoflavon dan saponin yang sanggup melawan kanker. Fitonutrien ini juga membantu menghilangkan radikal bebas dari badan penyebab kanker dan memperlambat degenerasi sel yang sanggup menyebabkan penyakit degeneratif.

  • Menurunkan tekanan darah

Nangka merupakan sumber makanan kaya kalium, sekitar 300 mg dalam 100 gram nangka. Kalium penting bagi badan alasannya yaitu membantu menjaga cairan badan dan keseimbangan elektrolit dalam sel-sel badan dan membantu mengatur tekanan darah, sehingga mengurangi risik jantung dan stroke.

  • Membantu penglihatan

Buah ini mengandung vitamin A, antioksidan berpengaruh yang bermanfaat untuk penglihatan. Vitamin ini juga menjaga kesehatan kulit dan selaput lendir serta menaikkan fungsi sistem kekebalan tubuh.

Meningkatkan energi. Nangka dianggap sebagai buah pembangkit energi alasannya yaitu kandungan gula sederhana menyerupai fruktosa dan sukrosa. Makan buah ini menciptakan merasa direvitalisasi seketika.

Manfaat lain

Buah nangka mengandung mineral menyerupai mangan, besi, dan magnesium. Nangka juga mengandung banyak vitamin B menyerupai riboflavin, vitamin B6, asam folat dan niasin.

1. Zat Besi mencegah anemia, mangan serta magnesium penting untuk kesehatan tulang.

2. Magnesium penting dalam perembesan kalium dan bekerja dengan kalsium membantu tulang tetap berpengaruh dan mencegah gangguan yang bekerjasama dengan tulang.

3. Mangan diharapkan dalam badan membantun tulang dan jaringan ikat.

4. Niasin penting dalam menjaga kesehatan kulit dan sistem saraf.
Sementara vitamin B6 membantu mengurangi kadar homosistein dalam darah (peningkatan kadar homosistein bekerjasama dengan penyakit kardiovaskula



courtesy : fb

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Manfaat Dan Khasiat Buah Nangka Untuk Kesehatan"

Post a Comment