Mengenal Anonymous, Grup Hacker Paling Kuat Di Dunia


1. Lahir Tahun 2003
Cikal bakal kelompok Anonymous ini dilaporkan berasal dari tahun 2003. Awalnya berasal dari lembaga internet berjulukan 4chan.

Anonymous punya bermacam-macam misi. Terkhusus, mereka menentang sensor internet dan pengawasan online oleh pemerintah. Sehingga seringkali mereka menyerbu website pemerintah sebagai tanda protes.

Anonymous juga anti terhadap paham scientology, korupsi, dan homophobia. Padahal pada awalnya, kelompok komunitas online ini dibentuk untuk tujuan senang-senang.

Anonymous memang bukan benar-benar sebuah organisasi. Mereka yakni grup besar individual yang memiliki ketertarikan yang sama. Sehingga sering dikatakan semua orang dapat menjadi Anonymous.

Sejak tahun 2008, Anonymous semakin serius dalam agresi hacktivist, yaitu melaksanakan hack untuk misi tertentu. Mereka dijuluki sebagai Robin Hood digital dan dikenal memperjuangkan kebebasan isu dan jalan masuk internet.

Aksi hack mereka semakin liar dan menyerang website-website penting. Sehingga majalah ternama Time memasukkan nama mereka sebagai salah satu kelompok paling kuat di duniapada tahun 2012.

2. Asal Kata Anonymous
Nama Anonymous sendiri terinspirasi oleh anonimitas user yang biasa memposting sesuatu di internet. Ya, banyak orang lebih menentukan tidak menyebut identitas aslinya di dunia maya.

Konsep Anonymous semakin mantap pada tahun 2004. Ketika itu, eksekutif di lembaga 4chan mengaktivasi protokol Forced-Anon yang menciptakan semua postingan berjulukan Anonymous.

Anonymous pun merepresentasikan sebuah kelompok individu yang tidak bernama. Anggota Anonymous terdiri dai banyak pengguna lembaga internet.

Mereka memobilisasi serangan atau misi melalui banyak sekali wadah. Seperti di 4chan, YouTube, hingga melalui Facebook.

"Setiap orang yang ingin dapat menjadi Anonymous dan bekerja dengan tujuan tertentu. Kami oke dengan semua kegiatan namun beroperasi secara independen," tukas seorang anggotanya.

Salah satu semboyan mereka yang populer yakni We are Anonymous. We are Legion. We do not forgive. We do not forget. Expect us.

3. Serangan ke Website Penting
Anonymous sudah sering melaksanakan serangan ke banyak sekali website penting. Biasanya sebagai tanda protes atau ketidaksetujuan.

Pada tahun 2009 sehabis Pirate Bay terbukti bersalah atas kasus hak cipta, Anonymous melancarkan serangan melawan organisasi International Federation of the Phonographic Industry (IFPI).

Organisasi tersebut termasuk yang menentang keberadaan Pirate Bay. Aksi serupa terjadi tahun 2012 kemudian dikala website Megaupload ditutup.

Hacker Anonymous berhasil melumpuhkan situs Departemen Kehakiman AS, FBI, dan Motion Picture Association of America (MPAA). Semuanya dinilai sebagai pihak yang menggembosi Megaupload.

Anonymous juga pernah melumpuhkan situs yang mengandung pornografi anak. Pada tahun 2008, mereka melancarkan serangan online besar-besaran pada kelompok agama Scientology.

Tidak jarang mereka melaksanakan serangan ke website pemerintah banyak sekali negara. Mereka pernah menumbangkan banyak sekali situs penting Israel sebagai protes serangan brutal mereka ke Palestina. Mereka sempat mengumbar 5000 data langsung pejabat Israel.

4. Anggota yang Tertangkap
Beberapa anggota Anonymous berhasil ditangkap aparat. Tahun 2010, pegawanegeri di Belanda menangkap seorang cukup umur usia 16 tahun sebab menyerang website Visa, Mastercard dan PayPal.

Pada bulan Januari 2011, kepolisian di Inggris berhasil menangkap lima orang hacker yang berafiliasi dengan Anonymous.

Juni 2011, kepolisian di Spanyol menahan tiga orang yang masuk jaringan Anonymous. Ketiganya menyerang website pemerintah Mesir, Aljazair, Iran, Chile dan Selandia Baru.

Satu kasus yang cukup menonjol yakni penangkapan Christopher Weatherhead. Dia mengorganisasi serangan DDos pada PayPal dan dijatuhi eksekusi 18 bulan penjara.

Masih banyak lagi kasus penangkapan hacker Anonymous. Namun sepertinya mereka tidak kapok dan akan terus melaksanakan misinya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mengenal Anonymous, Grup Hacker Paling Kuat Di Dunia"

Post a Comment