Penting, Coba Deh Lakukan Tes Kesehatan Unik Berikut, Apa Yang Terjadi?

Penting, Coba Deh Lakukan Tes Kesehatan Unik Berikut, Apa Yang Terjadi?Tes kesehatan tidak selalu harus dilakukan di laboratorium dengan peralatan yang serba rumit. Beberapa investigasi bisa dilakukan tanpa alat khusus, bahkan dengan cara unik contohnya melaksanakan kayang untuk mendeteksi duduk kasus punggung.



Beberapa cara unik yang bisa dilakukan sendiri sebagai pengganti tes kesehatan ialah sebagai berikut:



1. Kayang untuk mendeteksi duduk kasus punggung





Diperkirakan 4 dari 5 orang pernah mangalami nyeri punggung minimal sekali dalam hidupnya. Penyebab terbanyak di kelompok usia 50-an tahun ialah duduk kasus pada facet joint yang menghubungkan tiap ruas tulang belakang.

"Untuk mendeteksinya, bangun tegak kemudian lengkungkan punggung ke belakang sejauh dan serendah mungkin. Ini akan menjadikan kondisi yang agak menyakitkan kalau ada kontak antara tulang dengan tulang yang akan terasa sakit," kata Mushtaque Ishaque dari Royal Orthopaedic Hospital, Birmingham.


2. Makan jagung elok untuk mendeteksi flu perut



Pencernaan yang lambat bisa dipicu oleh banyak sekali kondisi ibarat gastroenteritis atau disebut juga flu perut. Makan jagung elok bisa mendeteksi gangguan ini sebab lapisan terluar jagung elok yang berwarna kuning tidak bisa dicerna oleh perut.

"Ukur saja waktu yang diperlukan semenjak jagung itu dimakan hingga keluar bersama kotoran. Waktu transit selama 24-48 jam masih dianggap normal, tapi kalau 72 jam itu terlalu lambat," kata Anton Emanuel dari University College Hospital, London.


3. Naik tangga untuk periksa fungsi paru



Cara paling gampang untuk mengukur kapasitas paru-paru dalam memproses oksigen ialah dengan naik tangga selama 2 menit sambil ngobrol. Kalau ngos-ngosan hingga susah ngobrol, berarti ada duduk kasus dengan paru contohnya ada Penyakit Paru Obstruksi Kronis (PPOK).


4. Memegang hidung untuk mengukur fungsi otak



Menguji kemampuan koordinasi gerak bisa sekaligus mendeteksi banyak sekali gangguan serius ibarat multiple schlerosis (MS) dan risiko stroke. MS mensugesti otak di penggalan cerebellum yang mengatur persepsi, koordinasi dan keseimbangan.

Untuk mengujinya, ajak seorang teman duduk berhadapan kemudian minta teman tersebut menggerakkan jarinya di depan wajah. Tiap tangannya bergerak, sentuh jarinya kemudian bergantian sentuh hidung sendiri. 

Kerusakan pada cerebellum bisa menciptakan permainan sederhana ini sulit dilakukan dan bakal sering meleset dikala berusaha menyentuh jari teman yang bergerak-gerak.


5. Selembar kertas A-4 untuk mendeteksi hormon



Tangan yang selalu gemetar bisa menawarkan adanya hiperaktivitas kelenjar tiroid. Kelebihan hormon tiroid menciptakan banyak sekali fungsi badan bekerja lebih kencang dari seharusnya.

"Untuk mendeteksinya, buka telapak tangan menghadap ke bawah kemudian letakkan selembar kertas ukuran A-4 di atasnya. Kalau kertasnya goyang-goyang itu mengambarkan hipertiroidisme atau kadar hormon tiroksin di dalam badan sangat tinggi," kata Richard Ross, mahir endokrinologi dari University of Sheffield.


COURTESY : ILMU PENGETAHUAN UMUM ( FB )

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penting, Coba Deh Lakukan Tes Kesehatan Unik Berikut, Apa Yang Terjadi?"

Post a Comment