Apa Itu Plankton ???


Plankton
didefinisikan sebagai organisme hanyut apapun yang hidup dalam zona pelagik (bagian atas) samudera, laut, dan tubuh air tawar. Secara luas plankton dianggap sebagai salah satu organisme terpenting di dunia, lantaran menjadi bekal makanan untuk kehidupan akuatik.
Bagi kebanyakan makhluk laut, plankton ialah makanan utama mereka. Plankton terdiri dari sisa-sisa binatang dan tumbuhan laut. Ukurannya kecil saja. Walaupun termasuk homogen benda hidup, plankton tidak memiliki kekuatan untuk melawan arus, air pasang atau angin yang menghanyutkannya.
Plankton hidup di pesisir pantai di mana ia menerima bekal garam mineral dan cahaya matahari yang mencukupi. Ini penting untuk memungkinkannya terus hidup. Mengingat plankton menjadi makanan ikan, tidak mengherankan kalau ikan banyak terdapat di pesisir pantai. Itulah sebabnya aktivitas menangkap ikan aktif dijalankan di tempat itu.
Selain sisa-sisa hewan, plankton juga tercipta dari tumbuhan. Jika dilihat memakai mikroskop, unsur tumbuhan alga sanggup dilihat pada plankton. Beberapa makhluk maritim yang memakan plankton ialah ibarat kerikil karang, kerang, dan ikan paus.
Plankton dibagi menjadi : 1. fitoplankton 2. zooplankton


Fitoplankton

Diatom ialah salah satu jenis yang paling umum fitoplankton.

Fitoplankton ialah komponen autotrophic komunitas plankton. Nama berasal dari kata Yunani ????? (phyton), yang berarti "tanaman", dan ???????? (planktos), yang berarti "pengembara" atau "gelandangan".  Sebagian besar fitoplankton terlalu kecil untuk secara individual dilihat dengan mata telanjang. Namun, dikala hadir dalam jumlah cukup tinggi, mereka mungkin muncul sebagai warna hijau dari air lantaran keberadaan klorofil dalam sel mereka (walaupun warna sesungguhnya sanggup bervariasi dengan jenis fitoplankton hadir lantaran banyak sekali tingkat klorofil atau kehadiran pigmen embel-embel ibarat phycobiliproteins, xanthopil, dll).

Zooplankton Ini ialah binatang dan binatang plankton seperti. Mereka berbeda dalam ukuran, dengan ubur-ubur yang terbesar dari spesies. plankton Sebagian besar mikroskopis, tetapi mereka sanggup tertangkap dengan menyeret plankton net melalui air. hari lebih usang menimbulkan peningkatan pesat dalam populasi plankton sehingga waktu terbaik untuk menangkap mereka ialah pada demam isu semi dan awal demam isu panas.

Ada dua kelompok zooplankton; The zooplankton sementara (juga disebut meroplankton) dan zooplankton permanen. Para zooplankton sementara ialah embrio ikan, kepiting, spons, kerang dan invertebrata lainnya. Jenis zooplankton menghabiskan cuilan awal hidupnya mengambang akrab permukaan laut. Ketika mereka dewasa, mereka menetap ke bawah, di mana mereka bermetamorfosis dewasa. Setelah cendekia balig cukup akal theyre mereka tidak lagi dianggap sebagai cuilan dari populasi plankton.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Apa Itu Plankton ???"

Post a Comment