Asal Mula Binatang Dan Tumbuhan ?


Dari Apa Hewan dan Tumbuhan Diciptakan ?
Allah swt telah membuat binatang dan juga flora dari air, hal itu didasari oleh firman Allah swt :

Artinya : “Dan dari air Kami jadikan setiap sesuatu yang hidup.” (QS. Al Anbiya : 30)
Asy Syinqithiy didalam kitab “Adhwa al Bayan” menyampaikan bahwa secafra lahiriyah kata “ja’ala” di sini berarti diciptakan alasannya ia termasuk mutaaddiyah untuk obyek yang satu. Hal itu dibuktikan dengan firman-Nya didalam surat an Nuur :

Artinya : “Dan Allah telah membuat semua jenis binatang dari air.” (QS. An Nuur : 45)
DR. Wahbah az Zuhaeiliy didalam kitabnya “at Tafsir al Munir fii al Aqidah wa asy Syari’ah wa al Manhaj” menyampaikan bahwa firmna Allah :

Artinya : “Dan dari air Kami jadikan setiap sesuatu yang hidup.” (QS. Al Anbiya : 30)
Maksudnya : Kami telah membuat setiap binatang dari air, artinya didalamnya (hewan itu) ada kehidupan, ibarat halnya firman Allah :

Artinya : “Dan Allah telah membuat semua jenis binatang dari air.” (QS. An Nuur : 45)
Maksudnya : Setiap binatang berasal dari nuthfah (air mani) dan beliau ialah air dan tumbuh-tumbuhan tidaklah sanggup tumbuh kecuali dengan air, dan ini sesuai dengan pendapat sebagian ulama yang menyampaikan bahwa setiap binatang diciptakan peratama kali di bahari kemudian berpindah kepada beberapa jenis binatang di daratan kemudian mereka dibuat sesuai dengan watak daratan bersamaan dengan perjalanan waktu. Dan sebagaimana diketahui bahwa hewan-hewan dan tumbuh-tumbuhan bersama-sama diciptakan dari air. (markaz al Fatwa no. 18274)
Ya’juj dan Ma’juj
Ya’juj dan Ma’juj ialah dua kabilah kafir yang berasal dari keturunan Adam yang berwajah lebar, bermata sipit dan melaksanakan kerusakan di bumi kemudian Allah swt menundukkan Dzulqrnain untuk membangun satu dinding yang mengurung mereka. Dan mereka senantiasa menggalinya sampai waktu yang diizinkan Allah swt untuk keluar darinya pada kiamat sehabis insiden Isa membunuh dajjal.
Mereka keluar dengan jumlah yang sangat besar kemudian meminum dari danau thabariyah dan membuat kerusakan di bumi. Tak seorang pun yang bisa menghadapi mereka kemudian Isa bersama orang-orang yang beriman berhasil mencapai bukit Thur sampai Allah swt membinasakan Ya’juj dan Ma’juj dengan ulat-ulat yang memakan leher-leher mereka kemudian Allah mengirim burung yang melemparkan mayat-mayat mereka ke bahari dan Allah juga mengirimkan hujan untuk mencuci bumi dari anyir basi mereka.” (Fatawa al Islam Sual wa Jawab juz I hal 1516)
Dalil bahwa Ya’juj dan Ma’juj akan meminum danau Thabariyah disebutkan didalam hadits yang panjang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari an Nawas bin Sam’an ketika Rasulullah menceritakan ihwal dajjal dan didalamnya disebutkan,”Ketika Allah mewahyukan kepada Isa,’Sesungguhnya Aku telah mengeluarkan hamba-hamba (urusan) bagi-Ku yang tak ada tangan seorang pun yang bisa membunuh mereka. Maka lindungilah hamba-hamba-Ku (orang-orang beriman) ke bukit Thur.” kemudian Allah mengirim Ya’juj an Ma’juj dari banyak sekali daerah yang tinggi. Orang-orang pertama dari mereka melintasi sebuah danau Thabariyah dan meminum airnya. Sedangkan orang-orang terakhir dari mereka mengatakan,”Sungguh dahulu pernah ada air di sini.” Lalu Nabi Allah Isa dan orang-orang yang bersamanya mendatangi bumi dan mereka tidaklah mendapat di bumi itu sejengkal pun dari daerah itu kecuali di penuhi oleh anyir basi mayit mereka maka Nabi Allah dan orang-orang yang bersamanya berdoa kepada Allah dan Allah pun mengutus seekor burung yang berleher ibarat leher onta (panjang) yang kemudian membawa mereka dan melemparkan mereka semua ke daerah yang dikehendaki Allah swt.”
Al Mubarokhfuriy didalam kitabnya “Tuhafah al Ahwadzi” menyampaikan bahwa di “al Qomus” disebutkan bahwa Thabariyah ialah suatu wilayah didaraha Yordania.
Sedangkan letak dinding yang sampai ketika ini masih mengurung Ya’juj dan Ma’juj—menurut Ibnu Abbas—berada di persimpangan negeri Turki dengan Rusia berdekatan dengan pegunungan Kaukasus. (Baca : Mitseri Ya’juj dan Ma’juj)
Namun demikian hanya Allah lah yang mengetahui lokasi niscaya dari dinding tersebut alasannya Dia swt Yang Maha Mengetahui segala yang kasatmata maupun yang tersembunyi.
Wallahu A’lam

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Asal Mula Binatang Dan Tumbuhan ?"

Post a Comment