Kelebihan Insan Dari Makhluk Lain


Dan bahwasanya Kami telah memuliakan anak adam  (manusia) dan Kami angkut mereka didarat dan dilaut, dan Kami melebihkan mereka atas makhluk-makhluk yang Kami ciptakan, dengan kelebihan yang menonjol ( QS. Al Isra 70).
Pada prinsipnya, malaikat yaitu makhluk yang mulia. Namun kalau insan beriman dan taat kepada Allah SWt ia bisa melebihi kemuliaan para malaikat. Ada beberapa alasan  yang mendukung pernyataan tsb.
Pertama, Allah SWT memerintahkan kepada malaikat untuk bersyujud (hormat) kepada Adam as. Allah berfirman ketika awal penciptaan insan ; “ Dan ingatlah ketika Kami berfirman kepada Malaikat, sujudlah kau kepada adam, maka sujudlah mereka kecuali iblis, ia enggan dan takabur  dan ia yaitu termasuk golongan kafir. ( QS. Al Baqarah 34).

Kedua, malaikat tidak bisa menjawab pertanyaan Allah ihwal al asma (nama-nama ilmu pengetahuan) sedangkan Adam bisa lantaran memang diberi ilmu oleh Allah SWT. “ Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para malaikat, kemudian berfirman, Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu kalau kau memang golongan yang benar. Mereka menjawab, Maha Suci Engkau, tidak ada yang kami katahui selain apa yang telah Engkau ajarkan kepada kami, bahwasanya Engkaulah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana. Allah berfirman, Hai Adam, beritahukanlah kepada mereka nama-nama benda ini. Maka sesudah diberitahukannya nama-nama benda itu, Allah berfirman, Bukankah sudah Ku katakan kepadamu, bahwa bahwasanya Aku mengetahui diam-diam langit dan bumi dan mengetahui apa yang kau lahirkan dan apa yang kau sembunyikan. ( QS. Al Baqarah 33)
Ketiga, kepatuhan malaikat  kepada Allah SWT lantaran sudah tabiatnya, alasannya malaikat tidak mempunyai hawa nafsu, sedngkan kepatuhan insan pada Allah SWT melalui usaha yang berat melawan hawa nafsu dan godaan setan.
Keempat,manusia diberi kiprah oleh Allah menjadi khalifah dimuka bumi. :” Ingatlah ketika Tuhan mu berfirman kepada para malaikat, : Sesungguhnya Aku hendak mengakibatkan seorang khalifah dimuka bumi…”(QS.Al Baqarah 30)          
(Sumber : Aam Amiruddin, Tafsir Al Qur’an Kontemporer)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kelebihan Insan Dari Makhluk Lain"

Post a Comment