Pengetahuan Lengkap Ihwal Makanan Di Indonesia

Masakan Indonesia merupakan pencerminan bermacam-macam budaya dan tradisi berasal dari kepulauan Nusantara yang terdiri dari sekitar 6.000 pulau dan memegang tempat penting dalam budaya nasional Indonesia secara umum dan hampir seluruh masakan Indonesia kaya dengan bumbu berasal dari rempah-rempah ibarat kemiri, cabai, temu kunci, lengkuas, jahe, kencur, kunyit, kelapa dan gula aren dengan diikuti penggunaan teknik-teknik memasak berdasarkan materi dan tradisi-adat yang terdapat pula imbas melalui perdagangan yang berasal ibarat dari India, Tiongkok, Timur Tengah, dan Eropa.
Pada dasarnya tidak ada satu bentuk tunggal "masakan Indonesia", tetapi lebih kepada, keanekaragaman masakan regional yang dipengaruhi secara lokal oleh kebudayaan Indonesia serta imbas asing. Sebagai contoh, beras yang diolah menjadi nasi putih, ketupat atau lontong (beras yang dikukus) sebagai makanan pokok bagi lebih banyak didominasi penduduk Indonesia namum untuk potongan timur lebih umum dipergunakan juga jagung, sagu, singkong, dan ubi jalar. Bentuk lanskap penyajiannya umumnya disajikan di sebagian besar makanan Indonesia berupa makanan pokok dengan lauk-pauk berupa daging, ikan atau sayur di sisi piring.
Sepanjang sejarahnya, Indonesia telah terlibat dalam perdagangan dunia berkat lokasi dan sumber daya alamnya. Teknik memasak dan materi makanan orisinil Indonesia berkembang dan kemudian dipengaruhi oleh seni masakan India, Timur Tengah, Cina, dan kesannya Eropa. Para pedagang Spanyol dan Portugis membawa banyak sekali materi makanan dari benua Amerika jauh sebelum Belanda berhasil menguasai Indonesia. Pulau Maluku yang termahsyur sebagai "Kepulauan Rempah-rempah", juga menyumbangkan flora rempah orisinil Indonesia kepada seni masakan dunia. Seni masakan daerah potongan timur Indonesia ibarat dengan seni memasak Polinesia dan Melanesia.
Masakan Sumatera, sebagai contoh, seringkali menampilkan imbas Timur Tengah dan India, ibarat penggunaan bumbu kari pada hidangan daging dan sayurannya, sementara masakan Jawa berkembang dari teknik memasak orisinil nusantara. Unsur budaya masakan Cina sanggup dicermati pada beberapa masakan Indonesia. Masakan ibarat bakmi, bakso, dan lumpia telah terserap dalam seni masakan Indonesia.
Beberapa jenis hidangan orisinil Indonesia juga sekarang sanggup ditemukan di beberapa negara di benua Asia. Masakan Indonesia yang terkenal ibarat sate, rendang, dan sambal juga digemari di Malaysia dan Singapura. Bahan makanan berbahan dasar dari kedelai ibarat variasi tahu dan tempe, juga sangat populer. Tempe dianggap sebagai inovasi orisinil Jawa, pembiasaan lokal dari fermentasi kedelai. Jenis lainnya dari makanan fermentasi kedelai yakni oncom, ibarat dengan tempe tapi menggunakan jenis jamur yang berbeda, oncom sangat terkenal di Jawa Barat.
Makanan Indonesia umumnya dimakan dengan menggunakan kombinasi alat makan sendok pada ajun dan garpu pada tangan kiri, meskipun demikian di banyak sekali tempat (seperti Jawa Barat dan Sumatera Barat) juga lazim didapati makan pribadi dengan tangan telanjang.
Di restoran atau rumah tangga tertentu lazim menggunakan tangan untuk makan, ibarat restoran seafood, restoran tradisional Sunda dan Padang, atau warung tenda pecel lele dan ayam goreng khas Jawa Timur. Tempat ibarat ini biasanya juga menyajikan kobokan, semangkuk air kran dengan irisan jeruk nipis semoga memperlihatkan aroma segar. Semangkuk air ini janganlah diminum; hanya dipakai untuk mencuci tangan sebelum dan setelah makan dengan menggunakan tangan telanjang.
Menggunakan sumpit untuk makan lazim ditemui di restoran yang menyajikan masakan Cina yang telah teradaptasi kedalam masakan Indonesia ibarat bakmi atau mi ayam dengan pangsit, mi goreng, dan kwetiau goreng (mi pipih goreng, ibarat char kway teow).

Nasi

Nasi yakni materi makanan pokok bagi seluruh lapisan masyarakat Indonesia modern, dan pertanian padi menempati posisi utama dalam kebudayaan Indonesia; membentuk bentang alam; dijual di pasar; merupakan materi dasar banyak jenis makanan dari yang gurih sampai manis. Pada umumnya beras dimakan dalam bentuk nasi biasa yang bercita-rasa tawar dengan sedikit sayur-mayur dan lauk-pauk sobat nasi disisinya sebagai sumber protein dan sumber gizi lainnya. Beras juga sanggup dijadikan ketupat (beras dikukus dalam anyaman daun kelapa), lontong (beras dikukus dalam kemasan daun pisang), intip (kerupuk beras), jajanan, bihun, mi, arak beras, dan nasi goreng.  merupakan pencerminan bermacam-macam budaya dan tradisi berasal dari kepulauan Nusantara  yang t pengetahuan lengkap ihwal makanan di indonesiaPadi termasuk dalam pola makan sehari-hari, akan tetapi seiring berkembangnya teknologi, maka dimungkinkan untuk memperjualbelikan padi dan beras dari tempat lain. Bukti temuan padi liar ditemukan di pulau Sulawesi berasal dari sekitar tahun 3000 SM. Meskipin demikian, bukti awal dari pertanian beras didapati dari prasasti era kedelapan di Jawa yeng menyebutkan raja menerapkan pajak dalam bentuk padi. Pembagian kerja antara laki-laki, perempuan, dan binatang ternak tetap lestari dalam pertanian padi di Indonesia, ibarat ditemui dalam gesekan relief candi Prambanan, Jawa Tengah yang berasal dari era kesembilan: Bajak sawah diikatkan pada kerbau; wanita menanam benih dan menumbuk padi, serta pria mengangkut padi hasil panen dengan pikulan di pundaknya. Pada era keenambelas, bangsa Eropa yang mengunjungi kepulauan Indonesia memandang nasi sebagai makanan bergengsi yang disajikan oleh kaum darah biru dan ningrat ketika upacara dan perayaan pesta.
Pertanian padi memerlukan sinar matahari yang cukup. Penanaman padi di Indonesia terkait dengan perkembangan perkakas pertanian dari logam dan pemeliharaan ternak kerbau untuk membajak sawah dan kotorannya dipakai untuk pupuk. Aslinya bentang alam Indonesia diselimuti oleh hutan hujan tropis, namun secara perlahan mulai digantikan dengan sawah dan permukiman untuk berbagi pertanian padi yang telah berkembang selama 1500 tahun.
Bahan makanan pokok lainnya yakni jagung (di daerah kering ibarat Madura dan Nusa Tenggara), sagu (di daerah Indonesia Timur), singkong (dikeringkan dan disebut tiwul sebagai alternatif makanan pokok di daerah gersang Jawa ibarat Gunung Kidul dan Wonogiri), ketela serta umbi-umbian (khususnya pada animo paceklik).

Bumbu

 merupakan pencerminan bermacam-macam budaya dan tradisi berasal dari kepulauan Nusantara  yang t pengetahuan lengkap ihwal makanan di indonesiaTermahsyur di seluruh dunia sebagai "Pulau Rempah-rempah", kepulauan Maluku menyumbangkan flora rempah aslinya bagi seni masakan dunia. Rempah atau bumbu ibarat pala, kapulaga, cengkeh, laos yakni flora orisinil Indonesia; sementara lada hitam, kunyit, sereh, bawang merah, kayu manis, kemiri, ketumbar, dan asam jawa diperkenalkan dari India sebagaimana jahe, daun bawang, dan bawang putih yang diperkenalkan dari China. Tanaman bumbu dari benua Asia itu telah dikembangkan semenjak zaman dahulu kala, dan telah menjadi potongan integral seni masakan Indonesia.
Pada masa lalu, Kerajaan Sunda dan kemudian Kesultanan Banten terkenal di seluruh dunia sebagai penghasil utama lada hitam dengan kualitas terbaik. Kemaharajaan laut ibarat Sriwijaya dan Majapahit juga berkembang dan makmur berkat perdagangan rempah-rempah antara pulau rempah Maluku di Nusantara dengan India dan China. Kemudian VOC juga meraih laba besar dari perdagangan rempah dunia. Kegemaran orang Indonesia akan makanan pedas semakin diperkaya dengan diperkenalkannya cabe dari benua Amerika oleh pedagang Spanyol semenjak era ke-16. Sejak ketika itu sambal menjadi potongan penting dalam masakan Indonesia.

Saus Kacang (Bumbu Kacang)

 merupakan pencerminan bermacam-macam budaya dan tradisi berasal dari kepulauan Nusantara  yang t pengetahuan lengkap ihwal makanan di indonesiaSejak diperkenalkan dari Meksiko oleh pedagang Portugis dan Spanyol pada era ke-16, bumbu kacang yang terbuat dari kacang tanah menempati posisi istimewa dalam seni masakan Indonesia sebagai saus yang populer. Kacang tanah tumbuh subur di iklim tropis Asia Tenggara, dan sekarang sanggup ditemui dalam bentuk digoreng, dibakar, diiris halus, ditumbuk, disiramkan di atas masakan atau menjadi saus celup. Salah satu ciri penting dari masakan Indonesia yakni penggunaan bumbu kacang yang luas dalam banyak sekali masakan khas Indonesia ibarat sate, gado-gado, karedok, ketoprak, dan pecel. Saus atau bumbu kacang Indonesia mewakili hal yang rumit dan membumi, daripada suatu bumbu yang kental dan anggun . Bumbu kacang ini biasanya disiramkan ke atas materi utama (daging atau sayur) untuk memperlihatkan rasa, atau hanya sebagai saus celup "sambal kacang" (campuran cabe rawit dan kacang goreng yang digiling) untuk otak-otak atau ketan. Bumbu kacang mencapai tingkat perkembangan yang canggih di Indonesia, dengan keseimbangan rasa yang halus yang diperoleh dari banyak sekali materi sesuai resep masing-masing jenis bumbu kacang; kacang goreng, gula jawa, bawang putih, bawang merah, jahe, asam jawa, jeruk nipis, sereh, garam, cabai, lada, dan kecap manis, semuanya dihaluskan dan dicampur dengan pemanis air untuk mencapai tekstur yang tepat. Rahasia bumbu kacang yang baik yakni "tidak terlalu kental dan tidak terlalu encer". Bumbu kacang Indonesia tidak terlalu anggun jikalau dibandingkan bumbu kacang Thailand (yang merupakan pembiasaan campuran). Gado-gado yang dimakan dengan bumbu kacang tersedia hampir di seluruh Indonesia dan menampilkan keseimbangan yang halus dari cita rasa manis, pedas, dan asam.

Santan

 merupakan pencerminan bermacam-macam budaya dan tradisi berasal dari kepulauan Nusantara  yang t pengetahuan lengkap ihwal makanan di indonesia

Karena Indonesia terletak di daerah beriklim tropis, maka semenjak dahulu masyarakat Indonesia telah memanfaatkan banyak sekali kekayaan flora tropis ibarat kelapa. Salah satu ciri khas masakan Indonesia yakni banyak menggunakan santan, ibarat rendang, soto, sayur lodeh, opor ayam, serta minuman ringan ibarat cendol dan es doger. Santan tidak hanya milik masakan Indonesia, sebab santan juga dikenal dalam seni memasak India, Samoa, Thailand, Malaysia, Filipina, sampai Brasil. Meskipun demikian santan sangat sering dipakai dalam masakan Indonesia, terutama pada masakan Padang, sementara pada masakan Minahasa, santan jarang dipakai dalam masakan, kecuali beberapa makanan ringan anggun ibarat klappertart.
Ada dua jenis santan dalam masakan Indonesia, santan encer dan santan kental. Perbedaan ini berdasarkan kadar air yang dikandungnya. Santan encer biasanya dipakai untuk sayur berkuah ibarat lodeh dan soto, sementara santan kental dipakai untuk rendang dan aneka makanan ringan anggun dan penganan ringan. Santan sanggup diperoleh dari parutan kelapa segar di pasar atau dalam kemasan karton di pasar swalayan.
Setelah sari kelapa diperoleh dan menjadi santan, ampas parutan kelapa sanggup dipakai sebagai urap, dibumbui dan dicampur sayuran. Urap ibarat gado-gado, perbedaanya yakni bumbu kacang diganti menjadi bumbu parutan kelapa. Ampas kelapa juga sanggup disangrai dan dibumbui menjadi serundeng. Akan tetapi untuk mendapat hasil yang lebih gurih, sebaiknya jangan menggunakan ampas kelapa, tetapi kelapa segar yang masih mengandung sarinya. Serundeng parutan kelapa berbumbu ini sanggup dicampur irisan daging atau ditaburkan begitu saja di atas soto atau ketan. Salah satu rujukan penggunaan santan yang kaya yakni Buras dari Makassar, beras ketan dibungkus daun pisang dan dimasak dalam santan, kemudian ditaburkan kelapa parut berbumbu pedas ibarat serundeng.

Waktu makan

Untuk daerah Indonesia potongan barat, makanan biasanya dimasak pagi menjelang siang untuk disantap pada tengah hari untuk makan siang. Umumnya keluarga Indonesia tidak menetapkan waktu niscaya untuk makan bersama dimana semua anggota keluarga harus hadir. Karena alasan ini maka kebanyakan makanan dibentuk semoga abadi dan tetap sanggup dimakan walaupun dibiarkan dalam suhu ruangan selama beberapa jam. Seringkali masakan yang sama dihangatkan kembali untuk makan malam. Makanan Indonesia umumnya mengelilingi nasi yang terbuat dari beras lokal. Makanan sanggup terdiri dari sup atau sayuran serta lauk-pauk utama. Apapun jenis masakannya, sering kali dilengkapi dengan sambal.
Untuk daerah Indonesia potongan timur, masyarakat setempat lebih dipengaruhi oleh budaya kepulauan Pasifik, ibarat di Papua dan Timor, sumber karbohidrat didapat dari sagu atau umbi-umbian.

Pesta dan perayaan: Tumpeng dan Rijsttafel

 merupakan pencerminan bermacam-macam budaya dan tradisi berasal dari kepulauan Nusantara  yang t pengetahuan lengkap ihwal makanan di indonesia

Banyak pesta dan upacara dalam adab istiadat tradisional Indonesia melibatkan makanan dan pesta. Salah satu rujukan terbaik yakni tumpeng. Tumpeng berasal dari Jawa, berupa nasi berbentuk kerucut dikelilingi beraneka ragam masakan Indonesia. Tumpeng biasanya ada dalam perayaan "selamatan". Nasi tumpeng dicetak dengan menggunakan anyaman bambu berbentuk kerucut, nasinya sendiri sanggup berupa nasi putih biasa, nasi uduk (dimasak dengan santan), atau nasi kuning (diwarnai dengan kunyit). Nasi ini dikelilingi masakan khas Indonesia ibarat sayuran urap, ayam goreng, semur daging, teri kacang, udang goreng, telur pindang, dadar gulung iris, tempe orek, perkedel kentang, perkedel jagung, sambal goreng ati, dan lainnya. Tumpeng berasal dari adab dan kepercayaan orisinil masyarakat Indonesia yang memuliakan gunung sebagai tempat bersemayam para ilahi atau roh leluhur. Nasi berbentuk kerucut dimaksudkan untuk menggandakan bentuk gunung suci. Perayaan dimaksudkan sebagai wujud rasa syukur atas berlimpahnya panen dan segala berkah lainnya dari Yang Maha Kuasa. Karena mempunyai nilai perayaan dan syukuran, sampai sekarang tumpeng sering kali berfungsi sebagai "kue ulangtahun versi Indonesia".
Pesta perayaan Indonesia lainnya yakni Rijstafel (Bahasa Belanda: meja nasi), masakan ini memamerkan kemewahan pesta makan nan elegan khas orang kaya pada masa kolonial sekaligus menampilkan keanekaragaman seni masakan Indonesia. Rijstafel klasik terdiri dari 40 macam masakan yang disajikan oleh 40 orang pelayan yang bertelanjang kaki, mengenakan berbusana seragam resmi warna putih, blangkon, dan kain batik melilit pinggang mereka. Pesta kontemporer Indonesia ketika ini mengadopsi hidangan bufet gaya Barat. Bufet atau juga disebut prasmanan biasanya sanggup ditemukan pada pesta perkawinan atau perayaan lainnya. Hidangan prasmanan disajikan di atas meja panjang. Tata letak prasmanan pesta ijab kabul di Indonesia biasanya terdiri dari: piring, alat makan (sendok dan garpu), serbet tisu, diletakkan di ujung, dilanjutkan dengan sajian nasi (nasi putih dan nasi goreng), serangkaian hidangan khas Indonesia maupun kadang kala disajikan pula hidangan asing, sambal, kerupuk, dan diakhiri dengan gelas air putih atau minuman ringan di ujung meja prasmanan.

Minuman

Minuman paling umum dan terkenal di Indonesia yakni teh dan kopi. Rumah tangga Indonesia biasanya menyajikan teh anggun dan kopi tubruk untuk tamu. Sejak masa kolonial Hindia Belanda, perkebunan terutama di Jawa terkenal sebagai penghasil teh, kopi, dan gula. Sejak ketika itu teh dan kopi panas digemari oleh warga Indonesia. Teh hitam melati yakni jenis teh yang paling terkenal di Indonesia, akan tetapi sebab meningkatnya kesadaran akan kesehatan, teh hijau mulai digemari. Biasanya kopi atau teh disajikan sebagai minuman panas atau hangat, akan tetapi es teh anggun cuek juga digemari. Teh botol yakni minuman teh melati anggun dalam kemasan botol yang digemari di Indonesia, bahkan bersaing dengan minuman ringan soda mancanegara ibarat coca cola dan fanta. Kopi susu yakni versi Indonesia untuk Café au lait.
Jus buah-buahan juga sangat populer, antara lain jus jeruk, jus jambu, jus mangga, jus sirsak, dan jus alpokat yang biasanya disajikan dengan ditambah susu kental anggun coklat atau putih sebagai minuman pencuci mulut.
Banyak minuman terkenal berdasarkan es dan sanggup dikategorikan sebagai minuman pencuci mulut. Es yang terkenal antara lain es kelapa muda, es cincau, es cendol atau es dawet, es kacang merah, es blewah, dan es rumput laut.
Minuman panas yang anggun juga sanggup ditemukan, ibarat bajigur dan serbat yang khususnya terkenal di Jawa Barat. Minuman hangat ini dibentuk dari santan dan gula jawa dengan adonan rempah lainnya. Sekoteng (minuman susu hangat dengan kacang, potongan roti, dan pacar cina) sanggup ditemukan di Jawa Barat dan Jakarta. Wedang jahe (minuman jahe hangat) dan wedang ronde (minuman hangat dengan bola-bola ubi) khususnya terkenal di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
 merupakan pencerminan bermacam-macam budaya dan tradisi berasal dari kepulauan Nusantara  yang t pengetahuan lengkap ihwal makanan di indonesiaSebagai negara dengan penduduk lebih banyak didominasi beragama Islam, umat muslim Indonesia diharamkan untuk meminum alkohol. Akan tetapi semenjak zaman kuno suku bangsa orisinil di kepulauan Nusantara telah mengenal minuman beralkohol. Berdasarkan kabar dari China, masyarakat Jawa Kuna meminum semacam arak yang disadap dari kelapa yang disebut tuak. Kini tuak bertahan dan terkenal di daerah suku Batak, Sumatera Utara yang kebanyakan beragama Kristen. Kedai minum tradisional Batak yang disebut lapo tuak menyajikan tuak. Di Solo, Jawa Tengah, ciu (adaptasi lokal arak China) juga dikenal. Brem (arak beras) Bali botolan juga terkenal di Bali. Indonesia juga berbagi bir merek lokal ibarat Bir Bintang dan Anker Beer.

 

 

 

Kudapan dan jajanan

 merupakan pencerminan bermacam-macam budaya dan tradisi berasal dari kepulauan Nusantara  yang t pengetahuan lengkap ihwal makanan di indonesia

Di banyak sekali kota besar lazim ditemui jajanan China ibarat bakpao, bakmi, dan bakso yang dijual baik oleh pedagang kakilima di tepi jalan atau di restoran. Masakan Cina seringkali diubahsuaikan menjadi masakan Indonesia. Salah satu rujukan pembiasaan ialah daging babi jarang dipakai dan diganti daging sapi sebab menyesuaikan dengan lebih banyak didominasi warga Indonesia yang kebanyakan muslim. Salah satu makanan jajanan pinggir jalan yang terkenal yakni siomay dan batagor (singkatan dari Bakso Tahu Goreng), pempek, bubur ayam, bubur kacang hijau, sate, nasi dan mie goreng, toge goreng, laksa, dan gorengan. Jajanan pinggir jalan Indonesia juga meliputi banyak sekali minuman manis, ibarat es cendol atau es dawet, es teler, es cincau, es doger, es campur, es potong, and es puter. Kue khas Indonesia sering disebut sebagai jajan pasar. Indonesia mempunyai kekayaan banyak sekali macam makanan ringan dan kue, baik gurih maupun manis. Kue terkenal diantaranya risoles, pastel, lumpia, lemper, lontong, tahu isi, lapis legit, getuk, bakpia, bika ambon, lupis, lemang, timpan, klepon, onde-onde, nagasari, soes, dan bolu kukus.
Pedagang jajanan pinggir jalan lazim ditemukan di Indonesia, demikian juga pedagang keliling yang menggunakan gerobak, sepeda, atau pikulan. Pedagang makanan pinggir jalan atau pedagang keliling ini disebut pedagang kaki lima - (berdasarkan lajur trotoar selebar lima kaki di Indonesia, akan tetapi teori lain menyebutkan kata 'kaki lima' berdasarkan jumlah tiga kaki gerobak dengan dua kaki pedagangnya!). Kebanyakan pedagang keliling atau kakilima ini mempunyai ciri khas dan alat tertentu untuk mengumumkan kehadirannya, ibarat pedagang sate berteriak "teeee sateee", pedagang gorengan memukul-mukul penggorengan, pedagang bakso memukulkan mangkok atau kentongan, atau pedagang mie ayam memukul kentongan atau balok kayu.

Buah-buahan

 merupakan pencerminan bermacam-macam budaya dan tradisi berasal dari kepulauan Nusantara  yang t pengetahuan lengkap ihwal makanan di indonesia
Pasar di Indonesia penuh dengan banyak sekali jenis buah tropis. Buah yakni potongan penting dalam pola makan Indonesia, baik dimakan langsung, dijadikan makanan ringan anggun (seperti es buah), disajikan menjadi masakan gurih atau pedas ibarat rujak, pisang goreng, diproses menjadi keripik ibarat keripik nangka dan keripik pisang.
Banyak jenis buah-buahan ibarat Manggis, Rambutan, Nangka, Durian, dan Pisang, yakni tanamam orisinil Indonesia; sementara beberapa jenis buah-buahan diimpor dari negara tropis lainnya, meskipun demikian asal mula buah-buahan ini masih diperdebatkan. Pisang dan kelapa sangat penting, tidak hanya untuk masakan Indonesia, tetapi untuk banyak sekali keperluan ibarat materi bangunan untuk dinding atau atap, minyak, bantalan makan, kemasan, dan lain-lain.
 
courtesy : wikipedia

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pengetahuan Lengkap Ihwal Makanan Di Indonesia"

Post a Comment