Wortel Hanya Satu Warna? Kata Siapa? Wortel Ada Banyak Warnanya, Tidak Percaya? Baca Fakta Menarik Wortel Berikut !

Wortel Hanya Satu Warna? Kata Siapa? Wortel Ada banyak Warnanya, Tidak Percaya? Baca Fakta Menarik Wortel Berikut ! - Tak hanya dijadikan sayur, wortel juga sanggup dibentuk menjadi jus, sehingga tak heran kalau sayuran yang termasuk umbi-umbian ini menjadi salah satu daftar kuliner terfavorit. Tak hanya rasanya yang sedikit manis, tapi juga sebab Manfaatnya yang banyak terutama untuk mata. Berbicara perihal Wortel, seberapa banyak anda tahu perihal kuliner ini? Berikut Ini, ada beberapa fakta Wortel yang belum banyak diketahui oleh orang-orang :



1. Wortel pertama kali ditanam di Afghanistan

Sementara wortel merupakan sayuran yang populer di seluruh dunia, wortel pertama yang dibudidayakan dalam sejarah tercatat diperkirakan berasal dari tempat sekitar Afghanistan pada tahun 900 Masehi. Dengan cepat, sayuran enak ini menyebar ke tempat sekitarnya dan di tahun 1000an,  Wortel merambah ke Timur Tengah dan Afrika Utara. Dari sana, perjalannya semakin jauh, wortel menyebar ke Spanyol, dan pada tahun 1300-an dia bermunculan di taman Eropa Utara dan di aneka macam masakan di China.

Baca juga : Fakta Menarik Kubis

2. Wortel terdiri dari 88 persen air

Betul. Sementara Anda mencoba dan meringankan rasa lapar dengan cara yang sehat dengan mengunyah wortel, sebagian besar dari apa yang Anda dapatkan ialah air. Bukan berarti itu hal yang buruk. Sebagai perbandingan, rata-rata kita insan terbuat dari 60 persen air.

3. Wortel Tenyata lahir dengan aneka macam warna





Lupakan oranye. Anda sanggup mendapat wortel dengan warna alami lainnya mirip warna putih, kuning dan warna ungu tua. Lucunya, wortel pertama yang didokumentasikan bahwasanya berwarna ungu atau putih. Sayuran oranye yang kita kenal kini dikembangkan sehabis mutasi genetik menjadikan wortel ungu, yang mempunyai inti kuning oranye, kehilangan warnanya dan berubah. Mengingat bahwa wortel mempunyai sekitar 20 spesies di seluruh dunia, tidak mengherankan kalau mereka tiba dalam aneka macam warna.


4. Memasak wortel lebih baik daripada mengonsumsi wortel secara mentah

Memasak Wortel sanggup melepaskan kantong tersembunyi beta-karoten yang anggun untuk Anda. Sebenarnya, mengonsumsi wortel mentah hanya memberi Anda tiga persen zat ini, tapi ketika Anda memanaskannya, wortel melepaskan hampir 40 persen. Jadi, memasak wortel lebih baik ketimbang mengkonsumsinya mentah.

5. Wortel mengandung sumber beta karoten terkaya

Anda mungkin bertanya-tanya mengapa harus peduli perihal beta-karoten. Nah, inilah masalahnya: Bahan kimia inilah yang memberi buah dan sayuran pigmen kuning-oranye yang menjelma vitamin A dalam sistem kita. Meskipun tidak menciptakan Anda melihat dalam kegelapan, beta-karoten memang membantu penglihatan, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan badan dan meningkatkan kesehatan kulit.

6. Wortel mempunyai biji



Lucunya, wortel tidak menghasilkan benih tradisional, tapi malah diklasifikasikan sebagai schizocarp, buah kering terdiri dari beberapa carpels yang terpisah untuk melepaskan benih di dalamnya. Periset bahkan menemukan bahwa bibit wortel liar yang berasal dari sekitar 5.000 tahun ditemukan di Eropa. Selain itu, sebab sifat aromatiknya, bijinya telah dipakai sebagai bumbu dan jamu.

7. Wortel mempunyai gula di dalamnya

Wortel mengandung empat jenis gula - sukrosa, glukosa, xilosa dan fruktosa. Meski gula mengandung sedikit pati, Anda sanggup mendapat sayuran manis tanpa karbohidrat. Plus,, Anda juga mendapat banyak nutrisi baik untuk Anda termasuk vitamin A, C, K dan B6, mangan, kalsium, banyak serat kuliner dan potasium.

8. Wortel bahwasanya mirip mata



Inilah Fakta menarik lainnya, kita tahu bahwa wortel mirip mata. Rupanya apabila wortel dibelah, maka akan mirip mirip mata.. Wow!

Demikianlah Fakta menarik perihal Wortel. Jangan lupa dishare dan nantikan terus fakta lainnya hanya di Blog Segala fakta.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wortel Hanya Satu Warna? Kata Siapa? Wortel Ada Banyak Warnanya, Tidak Percaya? Baca Fakta Menarik Wortel Berikut !"

Post a Comment